February 22, 2017 sulaiman 0Comment

Setiap hari kita terkena paparan polusi saat berangkat dan pulang kerja. Selama berada di jalan, kita diserang oleh asap knalpot kendaraan bermotor, debu dan sengatan sinar matahari. Polutan ini dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan kita. Terutama bagi kulit sebagai organ tubuh yang paling banyak terekspos langsung ke udara dan matahari.

Asap knalpot dari bus, angkot, motor dan mobil tidak hanya membuat napas sesak. Ketika terhirup, zat hidrokarbon yang ada di dalam asap knalpot dapat menimbulkan masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga perubahan warna kulit wajah. Demikian pula debu yang ketika terhirup dapat menimbulkan alergi pada mata, hidung dan kulit.

Tingginya polusi udara membuat lapisan ozon bumi semakin menipis, mengurangi perlindungan terhadap radiasi sinar ultraviolet. Polusi udara juga meningkatkan jumlah radikal bebas yang merenggut oksigen dari sel-sel kulit. Apalagi seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas semakin berkurang.

Kombinasi radikal bebas dan radiasi sinar ultraviolet ini membuat produksi kolagen kulit wajah menurun. Kulit wajah jadi kehilangan elastisitasnya. Tekstur kulit wajah berubah jadi kasar, kusam dan mulai muncul kerutan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba.

Pastikan Anda membersihkan wajah secara menyeluruh begitu sampai di rumah. Gunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan karbon aktif untuk mengangkat polutan dari pori-pori terdalam kulit. Karbon aktif memang sudah dikenal sebagai salah satu elemen dengan daya serap kotoran/racun terbaik yang pernah diketahui manusia.

Karbon aktif dapat mengikat logam berat, racun, gas dan substansi kimia lain hingga ribuan kali melebihi beratnya sendiri. Tak heran, dokter zaman Mesir Kuno dan Yunani seperti Hipokrates saja sudah merekomendasikan penggunaan karbon aktif untuk tujuan medis.

Karbon aktif membantu mengurangi penyebab jerawat seperti pori-pori tersumbat, sebum berlebih, bakteri di permukaan kulit dan minyak sehingga elemen ini banyak dijadikan bahan masker wajah atau facial. Ketika karbon aktif ditambahkan ke facial foam, minyak serta kotoran dari polutan udara yang menumpuk di kulit wajah terangkat dengan mudah.

Karbon aktif bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan racun dan mengangkat sel kulit mati. Jika Anda menggunakan karbon aktif untuk membersihkan wajah setiap hari, kulit wajah akan terlihat lebih sehat, lembut, bebas polutan dan bersinar.

 

sumber: https://health.detik.com/read/2014/05/07/172306/2576294/756/ini-efek-jahat-polusi-udara-terhadap-kulit-wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *