March 9, 2017 sulaiman 0Comment

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini, kambing. Kambing banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita karena memang banyak orang yang memeliharanya. Dari segi bisnis, kambing memang memiliki potensi bisnis yang menggiurkan karena sangat menguntungkan. Potensi keuntungan yang didapat membuat hewan ini jadi primadona untuk diternakkan.

Selain potensi keuntungan yang besar dari segi bisnis, ternyata kambing juga memiliki kebiasaan, perilaku, atau kandungan yang unik. Sebagian besar orang tidak menyadari fakta unik yang terdapat dalam kambing. Apa saja fakta unik dari kambing yang menarik untuk kita ketahui?

7) Fakta unik bagi orang yang diet

Menurut kamu, mana yang lebih rendah kalorinya sapi atau kambing? Mungkin banyak yang lebih memilih sapi, karena kambing memiliki bau yang bagi sebagian orang sangat sensitif sehingga bisa pusing. Efek pusing ini dianggap bagi banyak orang, kambing mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menimbulkan darah tinggi. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, jika dibandingkan, 100 gram daging kambing dan 100 gram daging sapi, kandungan kalori lebih banyak sapi daripada kambing. Daging kambing hanya mengandung 122 KCal sedangkan daging sapi kalorinya bisa mencapai 245 KCal. Bagi orang yang diet, makan daging kambing sebenarnya lebih baik daripada makan daging sapi karena kandungan kalori yang lebih rendah.

6) Fakta unik bahwa kambing itu selektif

Dibandingkan dengan sapi, ternyata kambing itu hewan yang selektif dalam makanan. Kambing tidak akan pernah mau memakan rumput yang sudah kering dan layu. Mereka lebih memilih untuk mencari daun-daunan yang lebih segar.

5) Selain selektif, kambing itu juga manja

Fakta unik selanjutnya adalah kambing itu sangat manja dalam hal makanan. Kambing tidak akan pernah mau makan rumput yang sudah diletakkan / jatuh di tanah walaupun rumput itu masih segar. Kambing juga sangat peka dengan makanan mereka yang telah terkontaminasi. Kambing tidak akan pernah mau memakan rumput yang sudah “tercemari”, misalkan tercemari oleh cat, minyak, dll.

4) Susu kambing bisa menjadi pengganti ASI

fakta unik

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa susu sapi bisa menjadi pengganti ASI yang baik (ASI tetap yang terbaik). Ternyata, susu kambing itu bagus untuk pengganti ASI jika dibutuhkan, selain itu juga bagus untuk kesehatan. Sifat dari susu kambing itu Alkali, sama seperti ASI, sedangkan susu sapi bersifat Basa.

3) Susu kambing penangkal beragam penyakit

Fakta unik dari susu kambing yakni susu kambing itu kandungan selenium paling tinggi dibandingkan susu hewan lainnya. Apa itu selenium? Selenium adalah mikronutrien yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Selenium berperan sebagai tameng bagi tubuh dalam menghadapi penyakit seperti kanker, kardiovaskular (jantung), atau keracunan logam berat.

2) Susu kambing lebih mudah dicerna oleh usus

Selain fakta unik sebelumnya, ternyata susu kambing itu lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Molekul lemak susu kambing itu lebih halus daripada susu sapi. Sehingga, susu kambing bisa dicerna dalam usus hanya dalam waktu 20 menit saja, sedangkan susu sapi perlu waktu 2-3 jam untuk bisa dicerna oleh usus.

1) Susu kambing bagus untuk bayi

Fakta unik yang terakhir adalah susu kambing itu, bagus untuk bayi. Ini disebabkan karena susu kambing tidak mengandung protein kompleks semacam Alpha Casein dan Beta Casein Protein, sehingga tidak akan menimbulkan alergi pada bayi ketika mengkonsumsinya.

 

sumber: https://www.jatik.com/fakta-unik-tentang-kambing/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *