February 25, 2017 sulaiman 0Comment

Berikut ini daftar fitur Apple Watch yang wajib kamu tahu:

Koneksi ke iPhone & Notifikasi

Sering mengeluarkan iPhone dari saku atau tas hanya untuk membaca notifikasi di tengah perjalanan? Dengan Apple Watch kamu gak perlu melakukan hal ini lagi. Semua notifikasi baik pesan, panggilan telepon atau aplikasi pihak ketiga (yang mendukung tentu saja) dapat dibaca dengan cepat lewat Apple Watch.

Sebagai tambahan info, hanya perangkat iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus saja yang dapat kamu hubungkan ke Apple Watch. Pengguna dapat memperoleh posisis GPS dan internet ke Apple Watch melalui WiFi yang dipancarkan dari iPhone – fitur internet sharing iOS 8.

Lantas bagaiman acara mengatur aplikasi di Apple Watch? Menurut pengguna yang sudah menikmati iOS 8.2 beta, ada menu companion app untuk memasukkan aplikasi ke Apple Watch. Selain itu ada juga berbagai pengaturan yang dapat kamu lakukan seperti Passcode Lock, Monogram, dan Erase Data.

Isi Ulang Baterai via Induksi

Untuk menjamin kemudahan isi ulang baterai dalam kondisi gelap misal, Apple Watch dibuat menggunakan sistem Inductive Charging. Pengguna tidak perlu meraba tombol atau port untuk isi ulang baterai, tinggal tempelkan kabel Apple Watch ke sisi belakang. Magnet yang tersedia di bagian tersebut dapat membantu kamu layaknya perangat Magsafe di Macbook Pro atau Macbook Air.

Mode Input ke Apple Watch

Wearabble device dengan 2 ukuran (38 mm dan 42 mm) ini punya mode input dalam bentuk layar sentuh. Tidak sekedar layar sentuh biasa, tekanan biasa atau lebih kuat dapat memberikan input yang berbeda.

Selain itu pengguna juga dapat memanfaatkan Digital Crown untuk ditekan atau scroll depan belakang. Fungsinya mulai dari menggeser list, zoom atau mengatur aplikasi navigasi.

Fitur Navigasi

Pengguna dapat melihat posisi di peta dengan mudah dan cepat lewat Apple Watch. Setelah mengatur tempat tujuan, kamu dapat mengandalkan mode turn-by-turn navigation untuk membuat perjalanan jadi lebih akurat dan mudah dimengerti – meskipun sedang menggunakan sepeda atau berlari misal.

Fitur Input Suara dan Gesture

Masih ingat ajang Apple Event akhir tahun lalu? Pada kesempatan tersebut Tim Cook mendemokan Apple Watch untuk membalas iMessage yang masuk. Biar gak ribet mengetik (karena memang tidak didesain untuk mengetik), pengguna dapat menggunakan fitur rekam suara untuk membalas pesan.

Selan input suara, kamu dapat menggunakan mode gesture sebagai shortcut untuk ketikan yang ingin dibuat. Misalkan ajakan untuk makan siang atau informasi harian lainnya.

Sensor Kesehatan

Dari video promosi yang dirilis Apple, sudah jelas target pasarnya adalah kaum olahraga. Apalagi dengan sensor Heart Rate Glance yang diberikan, Apple Watch dapat digunakan untuk mendeteksi detak jantung kamu sepanjang hari. Dilanjutkan dengan koneksi ke app Health iOS 8, pengguna bagaikan memiliki dokter pribadi yang mencatat setiap informasi kesehatannya.

Tahan Air

Karena targetnya adalah kaum olahraga yang cukup berat, Apple Watch didesain tahan terhadap air. Masih belum jelas sih seberapa tahan, namun sejauh ini Tim Cook selalu membawa Apple Watch untuk mandi dan berkegiatan sehari-hari tanpa perlu risau.

Memanggil Siri

Ya, Apple Watch mendukung mode memanggil Siri yang ada di iPhone kamu dengan mudah dan seketika. Tinggal angkat pergelangan tangan mendekati sumber suara dan sapa Siri atau tanyakan kepadanya jadwal kamu hari ini. Contoh kegunaan yang lebih jauh terhadap Siri adalah mencari lokasi menarik di sekitar kamu dan koneksi ke aplikasi navigasi di Apple Watch.

Remote Kamera & Musik

Bagi kamu fotografer atau pengguna iPhone yang hobi jalan-jalan dan bingung saat harus berfoto sendiri, gunakan Apple Watch sebagai remote. Gak sekedar remote loh! Apple Watch juga dapat menampilkan preview hasil jepretan atau bahkan mengatur timer untuk pengambilan gambar.

Untuk melengkapi fitur remote kamera, Aple Watch juga dibuat mendukung kendali untuk aplikasi musik di perangkat iPhone. Kamu dapat memutar lagu, mengganti atau setting volumen di layarnya. Gak cuman itu, ternyata Apple Watch juga mendukung kendali untuk perangkat Apple TV dan library iTunes yang ada di perangkat komputer.

Menurut beberapa sumber, Apple Watch juga kabarnya akan memiliki kapasitas penyimpanan internal cukup besar (8 GB). Hal ini berarti pengguna dapat memutar musik layaknya piranti iPod tanpa perlu membawa iPhone – tentunya dengan perangkat audio nirkabel.

Passbook & Apple Pay

Simpan daftar tiket pesawat atau dokumen perjalanan penting lainnya di Passbook. Semuanya jadi satu di Apple Watch dan kamu tidak akan kelupaan untuk pada sebuah catatan acara.

Berada di negara yang sudah mendukung Apple Pay? Nah Apple Watch dapat membantu kamu untuk berbelanja denga simpel, cukup sentuhkan jam tangan digital ini ke perangakat pembayaran di toko tersebut. Mudah dan sangat menarik ya!

 

sumber: http://www.makemac.com/10-fitur-apple-watch-yang-wajib-kamu-tahu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *