July 29, 2017 sulaiman 0Comment

Beberapa kerajinan khas Indonesia sudah terkenal di masyarakat dunia. Kerajinan tangan khas indonesia memiliki keunikan serta kekhasan tersendiri yang menunjukkan kebudayaan Indonesia. Beberapa produk kerajinan Indonesia sudah berhasil dikenalkan di pasar luar negeri karena keunikannya yang dikagumi dunia. Beberapa hasil kerajinan tangan khas Indonesia yang sudah dikenal dunia adalah kain batik dan tenun. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kerajinan batik dan tenun khas Indonesia.

Batik Khas Indonesia

Batik merupakan karya seni khas bangsa Indonesia peninggalan nenek moyang yang keberadaannya dilestarikan di Indonesia. Batik Indonesia telah diresmikan sebagai budaya asli Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober Tahun 2009 silam. Kata batik berasal dari bahasa Jawa “amba” dengan arti menulis dan “tik” yang berarti titik. Sehingga batik bisa diartikan dengan membuat atau menggambar titik. Batik ini bisa menjadi karya yang indah dengan proses menorehkan lilin sesuai motif atau gambar yang indah pada sebuah kain. Kerajinan khas Indonesia ini memiliki beragam motif yang khas nan indah yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh, serta berbeda disetiap daerah asalnya. Beberapa batik nusantara yang terkenal dan memiliki motif yang indah dan mengagumkan antara lain:

  • Batik Pekalongan, dengan ciri khasnya motif bunga-bunga,
  • Batik Solo, batik Solo sering disebut dengan batik saudagaran dengan warna khasnya coklat dan biru tua. Motif pada batik khas solo ini adalah motif sidomukti, sidoluhung, dan lereng.
  • Batik Yogyakarta, motif pada batik Yogyakarta ini sering dicari karena memiliki keunikan tersendiri. Beberapa motif batik Yogyakarta dulunya ditemukan oleh Keluarga keraton Yogyakarta sendiri yag akhirnya saat ini tersebar luas di Indonesia. Motif batik yogyakarta antara lain, motif parang, motif banji, motif mendut, dan lain sebagainya.

Kerajinan Tenun Khas Indonesia

Selain kain batik, kain tenun juga termasuk kerajinan khas Indonesia yang memiliki nilai seni yang tinggi. kain tenun dibuat dengan menyilangkan dua jenis benang sampai menghasilkan tekstur kain sedikit kasar. Kain tenun khas Indonesia memiliki beragam jenis dan teknik ynag berbeda di setiap daerah penghasilnya. Kain tenun khas Nusantara yang terkenal antara lain,

  • Tenun Ulos, kain tenun ini dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera Utara. Memiliki warna domina merah, hitam, dan putih yang dihiasi benang warna emas ataupun perak.
  • Tenun Sumba, kerajinan tenun ini dihasilkan dari daerah Sumba, NTT. Tenun ini memiliki desain yang indah dan menarik, komposisi yang harmonis dan mempunyai karakteristik ragam bentuk tersendiri.

Tenun Lurik, kain tenun ini berkembang di Pulau Jawa. Daerah penyebaran kain tenun ini adalah Yogyakarta, Solo dan Tuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *