February 27, 2017 sulaiman 0Comment

Bagi anda yang mengikuti perkembangan teknologi, mungkin belakangan ini sering mendengar istilah SSD. Iya benar sekali, akhir-akhir ini istilah SSD mulai banyak diperbincangkan khususnya dalam dunia teknologi. Solid State Drive (SSD) merupakan inovasi terbaru dari penyimpanan data.

SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan memori Solid State. Tentu ini sangat berbeda dengan Hard disk yang masih menggunakan plat magnetis yang berputar. SSD juga memanfaatkan semikonduktor, dan pada SSD tidak ada komponen apapun yang berputar atau berpindah.

SSD dapat meningkatkan kinerja, juga dapat menghemat konsumsi energi dan tentunya dapat diandalkan. Meskipun dari segi bentuk fisik nampak serupa dengan media penyimpanan Hard Disk, namun dapur pacu kedua perangkat penyimpan ini sangatlah berbeda. Pada hardisk, media penyimpanan yang digunakan berbentuk piringan seperti CD/DVD. Sementara pada SSD, media penyimpanan yang digunakan berupa chip sama seperti yang diterpakan pada flashdisk namun tentunya dengan kualitas yang lebih bagus.

Kelebihan dan Kekurangan SSD Sebagai Media Penyimpanan Data

Meskipun mampu memberikan performa yang lebih baik dibandingkan Hard Disk, SSD ini ternyata masih memiliki beberapa kelemahan. Jadi sebaiknya kamu dapat membaca dan memahami kelebihan dan kekurangan dari SSD, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Dan Kekurangan Solid State Drive (SSD)

Kelebihan SSD

Performa

Performa memang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sebuah SSD. Seperti penjelasan di atas, pada SSD tidak ada satupun komponen yang berputar atau mengalami perpindahan. Semua perangkat atau komponen penyusun SSD ini sepenuhnya elektronik. Dengan tidak adanya pergerakan manual, kecepatan untuk membaca dan menulis data akan naik secara drastis. Jika kamu menggunakan Hard Disk, maka waktu booting sampai benar-benar masuk ke dalam sistem komputer membutuhkan waktu sekitar 2 – 5 menit. Sedangkan jika menggunakan SSD hanya akan membutuhkan waktu 5 – 60 detik, sampai maksimal 2 menit saja.

Kemudahan Transisi

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh sebuah SSD adalah menggunakan port yang sama dengan Hard Disk, yaitu menggunakan Port SATA I, SATA II dan SATA III. Jadi apabila anda ingin menggantikan media penyimpanan data yang sebelumnya menggunakan Hard Disk dan sekarang ingin menggunakan SSD, maka anda tidak perlu menambahkan komponen apapun untuk menggantikan Hard Disk.

Inovatif

Sangat jelas bahwa SSD merupakan salah satu hasil dari inovasi para praktisi teknologi dunia. Dengan hadirnya SSD, maka keberadaan Hard Disk semakin terancam. Adanya SSD juga membuat seolah-olah Hard Disk merupakan media penyimpanan yang ketinggalan zaman.

Kekurangan SSD

Harga

Harga menjadi kendala dari penggunaan SSD saat ini. Sebagai perangkat penyimpanan data yang baru, SSD dijual dengan harga yang masih sangat mahal. Di pasaran, SSD dengan kapasitas 180GB harganya setara dengan Hard Disk berkapasitas 1TB. Kami mengatakan bahwa “Ada harga yang tinggi maka akan ada juga kualitas yang tinggi, karena harga tidak pernah bohong”.

 

sumber: http://www.gudangilmukomputer.com/2016/01/kelebihan-dan-kekurangan-ssd-sebagai-media-penyimpanan-data.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *