May 9, 2017 sulaiman 0Comment

Membuka toko sembako dengan sistem grosir tentu tak gampang, tapi juga tak sesulit yang dibayangkan. Ini bukanlah hal yang baru, ada begitu banyak toko sembako dengan sistem grosir. Bisnis ini mempunyai daya tarik tersendiri. Karena harga grosir yang lebih murah membuat pemasaran bisnis ini menjadi lancar.

Dalam melakukan bisnis sembako, Anda akan sering berinteraksi dengan banyak orang. Apalagi sembako merupakan kebutuhan utama, sesuai dengan namanya sembilan bahan pokok. Jadi kendati perekonomian sedang seret sekalipun, sembako akan tetap laku karena merupakan kebutuhan pokok.

Jadi bukanlah hal yang aneh, bila suatu perumahan baru dibangun, maka usaha yang pertama didirikan merupakan bisnis sembako. Bisnis sembako ini sebenarnya susah-susah gampang. Oleh karena itu dalam menjalankannya dibutuhkan pemikiran yang matang. Beberapa orang menganggap bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang kuat agar tetap berjalan lancar. Pernyataan tersebut tak salah, tetapi tak sepenuhnya juga benar. Karena perencanaan awal yang matang tetap menjadi komponen yang penting.

Dalam berjualan sembako secara grosir, maka Anda harus dapat menyediakan kebutuhan bagi para pedagang eceran. Selain itu Anda pun harus dapat memenuhi permintaan konsumen partai besar. Kendati demikian, dalam bisnis sembako secara grosir, Anda tetap dapat memperoleh keuntungan lebih besar dengan menjual ke konsumen pengguna akhir secara langsung.

Pada bisnis sembako grosiran, Anda bisa berperan sebagai pedagang grosiran yang menjual barang dagangan ke pedagang eceran. Namun, bisa juga menjualnya langsung ke konsumen, sehingga Anda bisa merangkap menjadi pedagang grosiran dan pedagang eceran.

Kekuatan dan Kelemahan Bisnis Sembako Grosiran

Salah satu kekuatan bisnis sembako secara grosiran adalah tak perlu terlalu fokus pada langkah pemasaran. Bisnis ini memang mudah dibangun, bahkan oleh orang yang awam terhadap bisnis sekali pun. Sebab tanpa pemahaman strategi pemasaran yang mendalam, orang tetap dapat terjun ke bisnis ini. Perputaran uang dalam bisnis toko sembako begitu cepat, terutama untuk produk seperti beras, gas, tepung terigu, dan telur.

Namun demikian ada pula kelemahan yang cukup signifikan pada bisnis sembako ini, yaitu daya tahan produk. Sebagian besar bahan pokok tak terlalu awet jika disimpan lama. Maka dari itu Anda harus tetap menjaga agar barang terus bisa berputar cepat. Selain itu juga harus memperhitungkan tempat penyimpanan Anda. Sebaiknya menjaga kebersihan ruangan dan menjaganya tetap kering. Kondisi yang lembab akan buruk bagi bahan makanan, karena akan mudah berjamur. Jika barang dagangan yang dijual rusak, maka itu menjadi kerugian bagi Anda, karena Anda tak bisa menjuanya. Jangan memaksa menjual barang yang sudah rusak, karena akan ikut merusak reputasi Anda sebagai pedagang.

Oleh karena itu, kelola barang dagangan dengan baik. Bila pada tahun-tahun pertama Anda mengalami kerugian karena berusaha membuat lokasi yang layak untuk menyimpan barang dagangan, maka hal tersebut wajar. Lebih baik rugi di awal, ketimbang harus mengalami kerugian kerusakan barang.

Langkah Mendirikan Bisnis Toko Sembako Grosiran

Seperti halnya bisnis lain, maka komponen yang penting dalam menentukan kesuksesan bisnis adalah lokasi. Bila Anda memanfaatkan lokasi yang strategis, maka secara otomatis pelanggan pun mudah menjangkau toko dan berkunjung. Selain itu pertimbangkan juga menyediakan tempat parkir yang memudahkan pelanggan Anda untuk memarkir sarana membawa barang-barang yang dibeli. Tempat parkir yang memadai juga dibutuhkan oleh pemasok Anda yang biasanya menggunakan kendaraan besar untuk mengantarkan barang dagangan ke toko Anda.

Komponen berikutnya yang perlu menjadi pertimbangan adalah pemasok yang mampu memberikan harga murah pada Anda.

Layanan tambahan kepada konsumen pun penting, misalnya pengantaran barang belanjaan. Ini pun dapat mengatasi masalah lokasi parkir yang sulit atau tempat yang susah dijangkau. Jadi alih-alih mereka datang berkunjung ke toko, mereka dapat memesannya melalui telepon atau aplikasi berbasis teks. Kembangkan terus layanan di toko Anda sesuai teknologi modern dan pekembangan zaman. Dengan demikian toko grosir sembako ini dapat tetap menjadi peluang usaha 2017 yang menjanjikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *