March 4, 2017 sulaiman 0Comment

Musik adalah seni suara yang mengandalkan indra pendengaran kita. Berbicara tentang seni tentu aspek yang ditekankan adalah dari sisi keindahan, kenyamanan, apapun yang berhubungan dengan aspek perasaan. Musik baik yang memiliki lirik maupun tidak atau biasa disebut instrumental tentu pernah hadir di dalam pendengaran kita.

Faktanya musik kini memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Jika menengk kebelakang, pemanfaatan musik bahkan digunakan sebagai terapi penyembuhan pada zaman peradaban kejayaan islam yang dilakukan oleh Al-farabi dan Al-kindi. Sampai saat ini pun musik dikenal memiliki fungsi yang sentral di dalam kehidupan manusia.

Manfaat musik klasik mungkin sudah sangat populer untuk kesehatan janin bayi dalam kandungan. Namun tahukah anda bahwa manfaat musik dalam kehidupan sosial juga sangat banyak, berikut di antaranya.

Sebagai pengungkapan emosional. Musik berfungsi sebagai media bagi seseorang untuk bisa mengungkapkan emosinya. Artinya,  si pemain musik akan dapat mengungkapkan perasaannya melalui musik.

Sebagai penghayatan estetis. Musik adalah bagian dari karya seni. Sedangakan karya seni perlu memiliki sisi keindahan atau biasa disebut nilai estetika di dalamnya karya seni tersebut. Musik sendiri akan membuat kita dapat merasakan nilai-nilai estetika di dalamna baik melalui melodi atupun dinamikanya yang merupakan unsur musik yang menjadikan pembeda secara niai keindahan satu musik dengan musik yang lain.

Sebagai hiburan. Seni musik ini memiliki fungsi hiburan jika mengacu pada pengertian musik sendiri bahwa sebuah musik pasti didalamnya mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur. Faktanya bisa kita lihat dari Melodi ataupun liriknya yang ada di dalamnya.

Sebagai sarana komunikasi. Seni musik juga memiliki fungsi komunikasi yang mana berarti bahwa sebuah musik yang ada di suatu daerah dengan kebudayaan tertentu mengandung media pelestarian kebudayaan oleh masyarakat setempat. Hal ini dapat dilihat dari teks maupun melodi musik itu sendiri.

Sebagai bentuk penyimbolan. Musik memiliki fungsi sentral di dalam melambangkan atau menyimbolkan suatu hal. Kita dapat melihatnya dari unsur-unsur musik tersebut, sebut saja seperti tempo sebuah musik. Apabila tempo sebuah musik tersebut lambat maka biasanya teksnya akan menceritakan sesuatu yang menyedihkan. Sehingga musik yang mellow akan identik melambangkan kesedihan.

Sebagai reaksi jasmani. Saat  musik dimainkan, suara yang masuk di telinga kita itu dapat merangsang sel-sel saraf kita sehingga  akan menyebabkan tubuh kita bergerak seirama dengan musik tersebut. Jika musiknya ngebeat dan temponya cepat, maka kita pun ikut bergerak cepat, dan sebaliknya juga jika iramanya lambat.

Sebagai deklarasi pengesahan lembaga sosial. Musik saat ini juga digunakan peranannya dalam suatu upacara. Bukan hanya sebagai pengiring namun juga identitas yang menjadi pelengkap sebuah pagelaran. Seperti halnya momen piala dunia kini selalu ada lagu resi yang dibuat setiap pagelaran berlangsung.

Sebagai alat pemersatu masyarakat. Fungsi ini menjadikan musik memiliki nilai yang penting. Musik memiliki fungsi dalam menyatukan masyarakat. Musik yang dimainkan dengan bersama-sama tanpa disadari akan menghadirkan rasa kebersamaan diantara pemain dan juga pendengar musik itu sendiri. Mungkin itulah mengapa setiap negara memiliki lagu kebangsaan yang menjadi alat pemersatu rakyat di negaranya.

 

sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *