August 26, 2017 sulaiman 0Comment

Bingung mencari destinasi wisata menarik yang murah meriah untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Datang saja ke Bogor. Kota yang jaraknya hanya 59 kilometer dari selatan Jakarta ini menjadi tempat liburan paling sering oleh warga Ibukota, khususnya saat akhir pekan atau libur panjang. Selain karena aksesnya yang mudah, daerah yang sering dijuluki Kota Hujan ini juga punya pemkamungan alam yang epic dan suhu udara yang sejuk. Jadi sangat cocok untuk menyegarkan pikiran setelah nyaris setiap hari bekerja.

Bila menilik dari sisi sejarah di zaman kolonial Belkamu, Bogor disebut Buitenzorg yang berarti tenang, tentram dan aman. Kata itu sangat menggambarkan suasana Bogor yang sejuk, teduh, ditutupi pepohonan besar.

Kota yang memiliki luas daerah 21,56 kilometer persegi ini memiliki beberapa ikon terkenal dan

dijadikan objek wisata. Mulai dari pemkamungan alamnya, seperti di kawasan puncak, Kebun Raya Bogor dengan lebih dari 15ribu pepohonan, dan Istana negara yang memiliki rusa-rusa cantik di

pekarangannya.

kamu juga bisa menikmati wisata sejarah dengan berkunjung ke museum Etnobotani, di sana kamu akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia.

Ada pula museum Pembela Tanah Air (PETA), yang pada masa penjajahan Jepang menjadi tempat pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.

Di dalam museum ini, ada banyak monumen yang berhubungan dengan sejarah pembentukan sistem tentara di Indonesia. Untuk memasuki museum ini, pengunjung dibatasi 10 orang. Ini karena Museum PETA berada dalam sebuah kompleks Militer.

Museum ini bersambungan dengan Pusat Pendidikan Zeni TNI-AD. Meskipun demikian, kalau kamu berkesempatan untuk mengunjunginya, janganlah pernah dilewatkan. kamu akan mendapatkan banyak dari destinasi wisata budaya yang satu ini.

Nah, tempat mana lagi yang bisa membawa kamu ke masa lalu? Berikut pilihannya!

Kebun Raya Bogor

Tempat yang memiliki nama lain Kebun Botani Bogor ini memiliki luas hampir 87ribu hektar dengan 15ribu jenis pohon dan tumbuhan. Tak heran kalau ini menjadi tempat penelitian dan konservasi berbagai tumbuhan di Indonesia.

Bukan hanya tempat konservasi, di dalam Kebun Raya Bogor ini ada tempat presiden beristirahat dan bekerja, yakni Istana Negara. Ada juga tempat bermain yang cocok untuk berwisata bersama keluarga seperti museum Zoologi, Taman Meksiko, Jembatan Cinta dan Pohon Jodoh,  dan masih banyak lagi taman-taman lainnya. Piknik di sini juga jadi rekomendasi seru!

For your information, taman bontani yang satu ini sudah berusia 200 tahun. Kebun Raya Bogor sudah berdiri sejak tahun 1817. Dalam catatan sejarahnya, kebun ini dibangun atas gagasan profesor Caspar George Carl Reinwardt untuk digunakan sebagai pusat penelitian tanaman bernilai ekonomi dan endemik dari Indonesia. Gagasan ini pun disetujui oleh Gubernur Jenderal G.A.G.P can der Capalle yang kemudian diresmikan pada tranggal 18 Mei 1817.

Prasasti Batu Tulis Bogor

Dari kejauhan bangunan ini terlihat cukup sederhana. Suasana ramai sangat lihat dari ramainya lalu lintas di jalan Batu Tulis, Bogor.

Prasasti ini adalah peninggalan sejarah sejak 600 tahun lalu dan tersimpan di dalam bangunan tersebut. Budaya Sunda tergambar dari beberapa batu yang terukir huruf Sunda Kawi yang menjadi jejak sebah kerajaan yang jaya di abad ke 11 sampai 16.

Klenteng Hok Tek Bio

Dari kejauhan warna merah terlihat sangat mencolok dengan aroma dupa yang menyeruak. Meski terlihat sangat megah, usianya sudah tidak muda lagi, sekitar 250-300 tahun. Tidak salah bila bangunan ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Kota Bogor dan menjadi ikon masyarakat Tionghoa di sana. Awal mula akulturasi budaya di kota Hujan berawal di Klenteng yang luasnya 1.241 meter persegi ini.

Museum Perjoangan

Kalau ingin merasakan sedikit bagaimana perjuangan bangsa ini dalam melawan penjajah, kamu bisa berkunjung ke sini. Bertempat di Jalan Merdeka, Museum Perjoangan menjadi saksi tempat penyimpanan ratusan senapan mesin yang digunakan saat penjajahan Belkamu dan Jepang.

Bukan hanya senjata, ada pula uang-uang kuno yang digunakan pada masa 1945-1950, foto, sampa pakaian yang digunakan para pejuang. Tidak ketinggalan mesin ketik dan kliping koran dipamerkan dalam lemari kaca dan diorama.

Selain memiliki banayk tempat wisata bersejarah, di Bogor juga ada banyak destinasi menarik yang edukatif seperti Kampung Budaya Sentul City, Taman Wisata Mekar Sari, Kampung Wisata, dan masih banyak lagi. Jadi, sudah siap menelusuri masa lalu negeri ini di kota hujan? Yuk, cari hotel murah di Bogor mulai sekarang! Pastikan juga kamu sudah booking kamar hotel online di  Reservasi.com karena banyak kamar menarik yang bisa dipesan dengan harga terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *