December 20, 2017 sulaiman 0Comment

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan masakan satu ini. Yups bener banget, karena memang sate pancah merupakan makanan khas Bengkulu yang kurang popular di pulau jawa. Tapi tetep saja kok cita rasa dari sate ini tak kalah enak dengan sate-sate lain seperti sate padang. Pancah daging sendiri merupakan masakan sejenis sate yang bahan dasarnya berupa daging sapi yang berasal dari bagian khas dalam. Tentu berbeda dengan beberapa jenis sate yang menggabungkan beberapa bagian daging, mulai dari bagian dalam, luar hingga baian lemak dan hati.

Nah untuk pancah daging biasanya itu disajikan dengan bumbu ketumbar, asam jawa, dan juga kunyit serta kentalnya santan. Jangan heran bila sate yang satu ini menggunakan santan, sebab memang kehadiran santanlah yang membuat sate ini berbeda dengan sate-sate lainya.

Bahan dan Cara Buat Sate Pancah

Untuk kali ini, kita juga akan buat sate pandah dengan santan. Santan akan kita buat menggunakan Sasa Santan Kelapa. Mengapa? Sebab dengan adanya bahan yang satu ini, kita jadi semakin mudah dalam mendapatkan santan. Tak perlu lagi repot-repot memeras kelapa hanya untuk mendapatkan santan berkualitas. Kebetulan Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas sama dengan santan yang baru di peras. Aroma dan rasanya sesegar kelapa yang langsung diperas. Ia juga dikemas siap pakai dan matang. Jadi tak salah bila sangat cocok untuk segala jenis masakan, baik makanan dan minuman. Toh juga tanpa bahan pengawet.

Nah buat kalian yang suka banget dengan makanan sejenis sate, gak ada salahnya buat nyoba resep satu ini. Cara membuatnya pun juga cukup mudah. Penasaran? Namun sebelumnya kita harus menyiapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu ya guys.

Bahan yang perlu kita siapkan antara lain terdiri dari:

  • 600 gram daging khas dalam
  • 1 bungkus Sasa Santan Kelapa
  • Kemudian untuk bumbu halusnya agar citarasanya endess kita perlu menyiapkan
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 2 cm kunyit yang telah di bakar
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh garam

Nah setelah semua bahan dan bumbu tersedia di dapur, inilah saatnya kita mulai memasak sate pancah daging khas Bengkulu. Simak baik-baik ya dan jangan sampai ketinggalan.

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan haluskan semua bumbu tadi secara bersama-sama sampai benar-benar halus.
  2. Kemudian masukkan daging sapi ke dalam suatu wadah bersama dengan bumbu dan juga Sasa Santyan Kela. Lalu diamkan selama kurang lebih 2 jam saja, tanpa perlu diaduk-aduk.
  3. Setelah itu, angkat daging sapi tiriskan. Potong daging sapi tadi kecil-kecil sesuai dengan selera kemudian tusuk tiap 4 potong dengan tusuk sate.
  4. Selanjutnya bakar dengan arang api sedang dan sambil diolesi dengan bumbu perendam tadi. Tunggu sate hingga benar-benar matang yaitu berwarna kecoklatan.
  5. Nah sate pancah daging sapi khas Bengkulu siap dihidangkan. Sebagai pelengkapnya kita dapat menikmatinya bersama sambal kecap. Hmmm yummyyy banget kan guys.

Bagaimana gampang banget kan resep masakan kita kali ini. Selain itu rasanya pun juga sangat juara. Apalagi jika dipadukan dengan Sasa Santan, Aslinya Santan  menjadikan makanan yang kita buat makin nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *