March 14, 2018 sulaiman 0Comment

Seperti yang sudah kita ketahui sinyal untuk handphone di Indonesia sudah mencapai generasi ke empat atau biasa dikenal dengan 4G dan para penyedia jasa langgan home wifi  hamper semuanya sudah menggunakan sinyal 4G . Sinyal seperti yang sudah kita ketahui adalah perangkat untuk mengirim dan menerima data dari provider. Tanpa adanya sinyal handphone tidak bisa digunakan.

Berkembangnya teknologi dipicu dengan manusia yang tidak pernah kenal kata puas dimana mereka selalu berlomba – lomba dan mengembangkan yang sudah ada. Tidak semua berdampak posiitif tetapi bukan juga berdampak negative. Semua hasil dari perkembangan teknologi pati memudahkan manusia dari segi transportasi, ekonomi, dan komunikasi. Sedang ramai diperbincangkan di Indonesia adalah teknologi 5G (Generasi Kelima). Peluncuran 5G pada tahun 2020 di Tokyo Olimpics . Di Korea Selatan teknologi inisedang dikembangkan dan di prediksi kecepatannya mencapi 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Korea selatan sudah menggunakan 5G dari tahun 2017 dan bisa di komersilkan pada tahun 2020.

Teknologi 5G mengirimkan data melalui gelombang radio. Keunggulan teknologi 5G :

  1. Kecepatannya sangat tinggi dibandingkan 4G
  2. Transfer data dari satu telepon ke lainnya memiliki kecepatan satu mili detik
  3. Bisa terkoneksi dengan telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.
  4. Resolusi tinggi dan bentuk bandwith yang besar

Melihat keunggulan yang seperti itu sudah sangat tidak sabar teknologi 5G masuk ke Indonesia. Teknologi ini juga di prediksi memiliki kecepatan 800 Gbps anda bisa download 33 film HD hanya beberapa detik. Tidak akan ada lagi kata lemot dan buffering, semua sangat cepat. Tetapi bukan tidak ada kekurangan dalam jaringan 5G. Beberapa kekurangan yang masih dalam masa penelitian adalah :

  1. Kecepatan yang di prediksi sulit untuk tercapai
  2. Akan banyak perangkat lama yang tidak sesuai dengan teknologi 5G
  3. Masalah keaman dan privasi yang belum terpecahkan

Untuk sekarang kecepatan 4G di Indonesia sudah termasuk sangat baik. Mungkin masih sering terjadi ketidakstabilan jaringan bagi anda yang langganan internet rumah di Jakarta tetapi masih bisa dikendalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *