May 18, 2017 sulaiman 0Comment

Ragam Wisata Banyumasan Paling Berkesan di Purwokerto – Daya tarik wisata di Jawa Tengah seolah tidak pernah habis. Provinsi yang sangat kental dengan kebudayaan Jawa itu, memiliki banyak alternatif objek wisata. Selain dapat menikmati wisata budaya, berlibur ke Jawa Tengah juga menawarkan pengalaman wisata alam, pendidikan, hingga kuliner. Misalnya perjalanan wisata ke Purwokerto.

Secara administratif Purwokerto merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas. Lokasinya berada di sebelah barat Provinsi Jawa Tengah. Purwokerto diapit oleh sejumlah kabupaten lain, yang memiliki kesamaan dialek Banyumasan.

Berdasarkan letak administratif tersebut, Purwokerto memiliki kemudahan untuk dijangkau melalui akses transportasi umum. Jadi untuk berlibur ke sejumlah tempat wisata di sana, Anda bisa naik bus atau kereta api.

Perjalanan menggunakan kereta api akan mengantar Anda menuju pemberhentian Stasiun Purwokerto. Stasiun yang biasa disingkat PWT ini terletak di kawasan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat.

Stasiun PWT mempunyai tujuh jalur aktif. Dua jalur difungsikan sebagai jalur utama (jalur tunggal) untuk rute Kroya-Yogyakarta-Surabaya dan Cirebon-Jakarta. Jalur lainnya dipakai untuk parkir sekaligus langsiran lokomotif dan rangkaian kereta api, dari dan ke depot-depot di dalam areal stasiun.

Baca juga: Yuk Ikuti Panduan Ini Jika Ingin Berlibur ke Perancis

Untuk mencapai Stasiun Purwokerto, Anda bisa memanfaatkan layanan pemesanan tiket kereta api dari situs Traveloka.com. Anda cukup mengisi asal stasiun keberangkatan Anda dan memilih Stasiun Purwokerto sebagai stasiun tujuannya. Kalau Anda masih belum tau tanggal pasti keberangkatan Anda dan berapa harga tiket kereta api nya, anda juga bisa lihat jadwal kereta secara online di situs tersebut.

Lengkapi isian dengan menentukan tanggal keberangkatan dan jumlah tiket kereta api yang hendak Anda pesan. Setelah itu Anda akan diberikan daftar jadwal keberangkatan. Pilihlah jam keberangkatan yang sesuai dengan kenyamanan dan kesiapan Anda.

Demi mendukung kemudahan Anda menentukan jadwal keberangkatan, daftar dari Traveloka tersebut bisa disortir sesuai keperluan Anda. Selain kolom nama kereta api, Anda juga bisa menyortirnya berdasarkan jam keberangkatan, durasi perjalanan, serta harga tiket per orang.

5 Tempat Wisata Populer di Purwokerto

Dengan didukung layanan dari Traveloka di atas, kini Anda bisa fokus memilih tanggal keberangkatan sesuai objek wisata tujuan Anda. Meskipun terdengar sepele, tapi Anda tentu tidak mau wisata Anda di Purwokerto terganggu karena salah menyusun waktu kunjungan.

Liburan berburu kuliner pun bisa tidak berkesan akibat Anda berkunjung pada waktu yang tidak tepat. Oleh karena itu, simaklah rekomendasi beberapa tempat wisata di Purwokerto berikut ini.

  1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Source – wisatapurwokerto

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, merupakan wisata alam berbentuk sumber air panas bumi yang populer di Purwokerto. Air dari setiap pancuran mengalir langsung dari kaki Gunung Slamet. Dengan kandungan mineral dan belerang, wisata sumber air ini sering menjadi tempat berendam untuk terapi pengobatan. Untuk mencapai lokasi sumber air panas ini, Anda cukup menempuh perjalanan darat sejauh 2,5 kilometer dari Lokawisata Baturraden.

  1. Wana Wisata Baturraden

Source – triazarditya

Objek wisata alam yang tidak kalah populer di Purwokerto adalah Wana Wisata Baturraden. Selain bisa berkemah dengan daya tampung 1000 tenda dan mengamati pembibitan tanaman produksi, seperti pinus dan cemara, Anda juga bisa merasakan wahana Baturraden Adventure Forest (BAF). Anda bisa memilih wahana outing seperti Mountain Adventure, Water Adventure, Tree Adventure, atau Eco Adventure. Terdapat penawaran paket 2 hari dengan harga Rp230 ribu, dan program satu hari seharga Rp150 ribu.

  1. Museum Jenderal Soedirman

Source – wikipedia

Bagi masyarakat yang memiliki ikatan Banyumasan, Jenderal Soedirman adalah sosok yang sangat dihormati dan dibanggakan. Oleh karena itu, meskipun sang jenderal lahir di Rembang, Kabupaten Purbalingga, apresiasi terhadap jasa-jasanya diabadikan juga di Museum Jenderal Soedirman, Purwokerto. Di museum ini ada 2 lantai berisi diorama, foto-foto perjuangan, hingga relief perjuangan selama perang kemerdekaan 1945 dan perebutan Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Dr. Soeparno nomor 24, museum dibuka mulai pukul 8.00-15.30 WIB. Tanpa biaya parkir, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp3.000,00 saja.

  1. Small World Purwokerto

Source – purwokertoguidance

Terletak di Jalan Raya Ketenger, Baturraden, Small World merupakan taman kota yang memuat miniatur bangunan-bangunan ikonis dari seluruh dunia. Anda bisa mengamati dan menampilkan pose terbaik di depan Kincir Angin Belanda, Big Ben Inggris, hingga Menara Eiffel Perancis. Tidak ketinggalan, arsitektur rumah-rumah tradisional Indonesia juga dapat Anda temukan di Small World Purwokerto. Objek wisata yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan edukasi ini buka setiap hari dari pukul 7.00-22.00 WIB. Pada akhir pekan Small World akan tutup lebih larut hingga pukul 00.00 WIB. Tarifnya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp25-30 ribu.

  1. Kuliner GOR Satria

Source – tempatwisata

Baca juga: Tempat Wisata yang Ada di Kota Raja Tenggarong

Ikatan Banyumasan yang tercermin dari objek wisata Purwokerto, semakin lengkap dengan keberadaan pusat kuliner di Gedung Olahraga (GOR) Satria. Lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Suharso, Kecamatan Purwokerto Timur. Di kawasan ini Anda bisa menikmati pengalaman kuliner pecel, Soto Sokaraja, es duren Pak Kasdi, lontong sayur, kraca (keong sawah), serta mendoan. Setiap hari Minggu pagi, kawasan ini akan dipadati kerumunan orang yang menikmati Pasar Minggon. Apabila Anda hendak datang di hari Minggu, usahakan tiba selepas pukul 10.00 WIB.

Penyusunan waktu kunjungan yang tepat tentu akan menjamin kenyamanan liburan Anda ke Purwokerto. Agar tidak terkendala hal-hal yang terkesan sepele, semoga rekomendasi tempat-tempat wisata di atas membuat liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *