September 5, 2017 sulaiman 0Comment

Perawatan motor merupakan hal yang penting dan harus dilakukan secara berkala. Tentunya anda selaku pemilik motor ingin sekali mendapatkan kualitas perawatan yang tepat, salah satu yang harus dilakukan agar perawatan motor secara benar adalah membeli suku cadang yang asli. Dengan suku cadang yang asli, maka performa atau kinerja motor akan lebih maksimal serta lebih tahan lama digunakan oleh anda. Jangan sampai anda menggunakan spare part palsu karena performa motor akan menurun dan motor akan lebih cepat rusak. Jika performa menurun dan cepat rusak, maka anda akan rugi karena harus sering membawa motor ke bengkel dan mengeluarkan uang. Jadi mulai sekarang pilihlah suku cadang yang asli agar tidak menyesal di kemudian hari.

Anda juga harus tahu bagaimana caranya membedakan antara suku cadang asli dengan yang palsu. Sebelum bahas cara membedakannya, sebaiknya anda harus tahu 3 level suku cadang yang palsu:

1. Level 1, biasanya suku cadang ini diproduksi semirip mungkin dengan yang asli dan diberi stiker sama dengan yang asli yang bisa dipalsukan.

2. Level 2, suku cadang ini memiliki karakter yang tidak terlalu sama dengan yang aslinya tetapi pengemasannya akan dibuat sama persis dengan kemasan yang asli.

3. Level 3, biasanya level ini adalah suku cadang yang rebuilt atau juga refurbish, jadi suku cadang yang sudah rusak akan diproduksi ulang sehingga sangat mirip dengan suku cadang yang asli.

Setelah anda mengetahui level-level pada suku cadang palsu, berikutny anda harus tahu apa saja yang membedakan suku cadang asli dan palsu. Jadi sebelum membeli, ketahui cara membedakan suku cadang asli dengan yang palsu berikut ini.

Harga Suku Cadang

Harga suku cadang asli dan yang palsu tentunya berbeda, suku cadang palsu harganya jauh lebih murah dibanding dengan yang asli. Jadi jangan hanya tertipu oleh harga murah tetapi mendapatkan suku cadang palsu. Jadilah pembeli yang bijak karena harga suku cadang akan berbanding lurus dengan kualitasnya.

Garansi Suku Cadang

Untuk garansi, suku cadang asli tentunya akan memberikan garansi resmi yang diberikan langsung oleh produsen. Tetapi jika suku cadang palsu biasanya garansinya hanya toko atau distributor. Jadi untuk lebih aman mendapatkan suku cadang asli, jangan ragu untuk datang ke toko atau bengkel resmi.

Kemasan Suku Cadang

Dalam hal kemasan, tentunya kemasan suku cadang palsu dibuat hampir mirip dengan kemasan aslinya mulai dari bahan dan desain kemasan. Tetapi anda bisa membedakan antara palsu dan asli saat membukanya, karena suku cadang yang asli akan kuat karena sesuai standar yang ditentukan pada pabrik.

Bahan Suku Cadang

Jika anda perhatikan dengan teliti antara yang palsu dengan asli dari bahan bakunya, maka akan terlihat suku cadang asli mempunyai material yang lebih kuat dibandingkan dengan yang palsu. Misalkan jika yang asli terbuat dari bahan baja, maka yang palsu akan terbuat dari besi.

Beli di Bengkel Resmi

Anda merasa tidak yakin dan juga kesulitan dalam mencari suku cadang yang asli, cara yang aman adalah melakukan perawatan dengan datang langsung ke bengkel resmi. Tentunya di bengkel resmi sesuai merk motor anda dijual beragam suku cadang yang asli yang aman untuk perawatan motor anda.

Itulah beberapa cara membedakan suku cadang asli dan palsu, selain di bengkel resmi, anda juga bisa cek di halaman otomotif ini di MatahariMall yang menjual suku cadang asli dari beragam produsen otomotif terbaik di Indonesia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *