February 26, 2017 sulaiman 0Comment

Salah satu software yang merupakan vendor dari DBMS adalah MySQL. Bagi anda yang sering melakukan pengolahan dan juga managemen dari Database, pasti juga sudah sangat familiar dengan software DBMS yang satu ini. Ya, MySQL merupakan salah satu jenis vendor penyedia software DBMS, yang saat ini banyak juga digunakan, terutama untuk melakukan manajemen dan juga pengolahan database dalam suatu instansi ataupun perusahaan kecil. MySQL merupakan salah satu pilihan tepat bagi anda yang ingin mengimplementasikan manajemen basis data dalam ruang lingkup yang kecil.

Sejarah dari MySQL

Untuk lebih memahami mengai fungsi serta keunggulan utama dari MySQL, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah dari pembentukan MySQL. MySQL sendiri pertama kali diciptakan dan juga dikembangkan pada tahun 1979, oleh seorang programmer bernama Michael Widenius yang berasal dari Swedia. Pada awalnya, MySQL dibuat dengan nama UNIREG, yang merupakan suatu sistem pengolahan database sederhana. Namun demikian, ternyata sistem database buatan Monty tidak cocok untuk diaplikaskan pada data yang dinamis. Pada akhirnya, perusahaan tempat Monty bekerja, yaitu TcX mengembangkan sistem baru yang diberi nama mSQL, yang merupakan salah satu alternatif dari pilihan penggunaan database.

Dengan beberapa kekurangan, salah satunya tidak mendukung sistem indexing, maka pada akhirnya, pada tahun 1995, meluncurlah hasil pengembangan yang dilakukan Monty, yang diberi nama MySQL. Pada awalnya, dan hingga saat ini, MySQL dijual dengan dua bentuk, yaitu gratis dan juga berbayar. MySQL yang dijual dengan gratis diperuntukan untuk usaha kecil dan juga implementasi sederhana, sedangkan untuk enterprise edition, barulah dapat diperoleh dengan cara membelinya.

Lalu selanjutnya apa Kelebihan dan Kekurangan MySQL  yang dapat dipertimbangkan untuk memilih database yang sesuai dengan kebutuhan anda ?

Kelebihan MySQL

Sebagai salah satu software yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, MySQL memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan juga kelebihan DBMS MySQL :

Merupakan salah satu software yang portable

MySQL memiliki keunggulan yang pertama, yaitu merupakan salah satu jenis software yang protable, Software portable ini berarti MySQL bisa dijalankan untuk mengolah database multi platform. Sistem operasi Windows, Linux, Mac, dan sebagainya bisa menggunakan DBMS MySQL ini, sehingga hal ini membuat MySQL menjadi lebih baik dari segi efisiesnsi dan juga fungsionalitas yang lebih baik.

MySQL merupakan salah satu DBMS yang opensource

Keunggulan utama dari MySQL adalah gratis. Ya, MySQL dengan versi paling basic atau sederhana dijual dengan harga yang gratis, karena merupakan software Open source. Namun demikian, meskipun merupakan software opensource, MySQL sudah memiliki liosensi GPL, sehingga tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Selain itu, bagi anda yang membutuhkan fungsi lebih dari MySQL, anda bisa membeli versi enterprise, ataupun membeli source code yang ditawarkan oleh MySQL dengan harga yang cukup terjangkau, apabila dibandingkan dengan Oracle.

Multi-User

Sama seperti program DBMS lainnya, meskipun merupakan software yang open source, MySQL memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung kepentingan mulstiuser, dimana bisa dijalankan oleh banyak user dalam satu waktu tanpa perlu mengalami kendala seperti crash, dan semacamnya.

Memiliki tipe data yang bervariasi

Tipe data yang ditawarkan oleh MySQL juga sangat bervariasi. bebrapa tipe data yang ditawarkan oleh MySQL adalah integer, float, double, char, text, date, timestamp dan masih banyak lagi. Dengan beragam tipe data yang didukung oleh MySQL, maka software ini merupakan salah satu jenis software yang sangat berguna untuk kebutuhan DBMS.

Memilki fitur keamanan yang baik

Kelebihan lainnya dari MySQL adalah fitur keamananya yang cukup baik, apalagi dengan statusnya yang open source, alias gratis, fitur keamanan yang ditawarkan oleh software ini sudah sanga mumpuni.

Administrative tools yang lengkap

Administrative tools yang terdapat di dalam software ini pun sudah terbilang lengkap. User dan juga programmer dapat menggunakan MySQL dengan mudah, tanpa perlu harus repot – repot mempelajari MySQL secara detil.

Struktur tabel yang lebih fleksibel

Struktur data yang dimiliki oleh MySQL juga dinilai lebih fleksibel dan juga mudah untuk digunakan. Hal ini terutama untuk menangani table berupa ALter Table.

Dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman

MySQL juga dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang ada. Dengan begitu, MySQL bisa membantu pembangunan dari sebuah sistem dengan mudah dan juga efektif, karena dapat terintegrasi dengan berbagai macam bahasa pemrograman standar yang baisa digunakan dalam pembangunan suatu sistem.

Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi

Salah satu hal penting yang menarik yang ada pada MySQL adalah spesifikasi. Untuk dapat menjalankan program MySQL ini, maka tidak dibutuhkan spesifikasi minimal komputer yang tinggi, sehingga PC ataupun laptop sekalipun masih bisa menggunakan software MySQL ini dengan baik tanpa menemui kendala dan masalah mengenai spesifikasinya.

RAM Kecil dapat menggunakannya

Ram komputer anda kecil ? jangan khawatir DBMS yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat di install di ram yang relatif kecil bila di bandingkan dengan database lain. Tak ayal, hanya dengan memory < 1gb pun anda dapat menggunakan DBMS ini.

 

sumber: http://dosenit.com/software/dbms/mysql/kelebihan-dan-kekurangan-mysql-server

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *