March 14, 2017 sulaiman 0Comment

Bagi para pecinta wisata, ada baiknya mengetahui informasi wisata sebagai refrensi yang cocok bagi keluarga anda di waktu liburan. Nah, salah satunya dapat anda kunjungi obyek wisata yang ada di Kota Raja Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur.

Berikut tim WartaKaltim.co merangkum obyek wisata yang menarik untuk anda Kunjungi termasuk tarif berwisatanya.

  1. Pulau Kumala

Sejak bulan maret 2016 lalu jembatan repo-repo menjadi alat trasportasi bagi penjalan kaki untuk sampai ke pulau kumala. Tempat rekreasi ini menjadi favorit bagi masyrakat Kukar bahkan luar kota saat menjelang weekend. Di dalamnya terdapat penyewaan sepeda, mobil dan motor dan lainya menjadi daya tari wisatawan saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Pesona Pulau Kumala Tenggarong ini juga diterbitkan dalam kategori tempat wisata alam yang menarik di Kalimantan Timur.

pulau-kunci-cinta

Kalimantan memang terkenal akan kekayaan sungainya yang berjumlah puluhan bahkan ratusan. Terdapat banyak sungai dengan berbagai ukuran serta panjang. Selain sebagai alat transportasi sungai di Kalimantan ternyata juga menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Sungai Mahakam di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kutai Kertanegara dengan ibu kota Tenggarong memiliki sebuah sugai besar dengan tata rauang terbuka hijau yang indah terdapat di taman rekreasi terletak di tengah-tengah sungai Sungai Mahakam. Taman rekreasi itu adalah Objek Wisata Pulau Kumala.

ukraina2

Jika Anda berkunjung ke Pulau Kumala, Anda akan disajikan berbagai wahana permainan layaknya Ancol di Jakarta. Selain itu keindahan alam Pulau Kumala sangat menakjubkan dengan sungai dan Kota Tenggarong.

Pulau Kumala sering juga disebut Pantai Kumala. Pulau Kumala adalah sebuah delta sungai yang sering terendam jika air Sungai Mahakam meluap. Pada tahun 2002, Pulau Kumala resmi dilauching penggunaannya sebagai objek wisata karena keindahan alamnya dan letaknya yang berada di tengah sungai Mahakam sehingga terlihat seperti sebuah kapal di tengah sungai. Luas Pulau Kumala kurang lebih 81 Hektar.

Tidak jauh dari Pulau Kumala, terdapat Museum Mulawarman yaitu sebuah bukti sejarah Kerajaan Kutai yang terkenal, Museum Mulawarman menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara.

Akomodasi

IMG_2549

Di Pulau Kumala telah disediakan berbagai fasilitas yang akan memudahkan Anda saat berkunjung ke Pulau ini diantaranya, lahan parkir yang luas Restoran dan warung makan serta pedagang asongan (sentra makanan khas daerah setempat) Musholla, Isi ulang pulsa, Peralatan memancing, Outlet cindera mata, Cottage, Hotel Wisma Bumi perkemahan.

Tarif Masuk ke Wisata Pulau Kumala, untuk tiketnya sendiri bagi orang dewasa di kenakan biaya yaitu Rp. 7000 dan anak-anak di kenakan hanya Rp. 5000.

  1. Musium Mulawarman

Museum Mulawarman adalah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara dibangun pada tahun 1963 sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar dan diresmikan pada tanggal 25 November 1971 oleh Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie, lalu diserah terimakan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 18 Februari 1976.

20160824_200425

Kini telah dibangun Balai Kedaton sebagai tempat kediaman Sultan Aji Muhammad Salehuddin II yang telah dinobatkan kembali pada tahun 2002. Di dalam lingkungan Istana kesultanan terdapat pemakaman keluarga kerabat Kerajaan Kutai Kartanegara serta Masjid Jami’ Aji Amir Hasanuddin sebagai saksi masuknya Islam di Kutai.

Di dalam Museum Mulawarman tersimpan benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina.

kirab-budaya

Museum Mulawarman terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah terdapat koleksi keramik Cina. sedangkan lantai 1 berisi koleksi peninggalan bercorak kesenian. Di belakang museum, pengunjung bisa berbelanja cinderamata khas budaya Dayak, batu perhiasan, maupun cendera mata lainnya.

Ada juga ruangan bawah tanah yang konon dulunya adalah jalur untuk mencapai ke dalam sungai mahakam oleh sultan Kutai. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang berbau kerjaan, ini sangat tepat untuk anda yang menyukai barang – barang kerjaan dan sejarah.

  1. Musium Kayu

Museum Kayu Tuah Himba terletak tidak jauh dari Kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yaitu berjarak sekitar 600 meter dari Waduk. Dibangun dengan bangunan kayu panggung yang berukuran 20×20 M². Yang melatar belakangi dibukanya objek wisata ini adalah karena adanya buaya yang telah diawetkan dalam Museum Kayu.

IMG_6366

Di dalam Museum Kayu ini terdapat beragam jenis kayu-kayu yang ada diPulau Kalimantan nah bagus sekali mau liburan tapi tetap edikasi, bagus sekali untuk ngejak keluarga anda mengungunjung kawasan ini.

Koleksi dari Museum kayu ini, di antaranya:

Kerajinan Kutai yang terbuat dari rotan, berupa lemari kursi, lampu, tempat tidur dll Kerajinan Dayak, diantaranya adalah anjat, mandau, ukiran Dayak yang terbuat dari kayu ulin Miniatur rumah khas Dayak, Jenis-jenis kayu di huatan daerah Kutai Kartanegara, Koleksi jenis kayu 200 buah, Koleksi jenis-jenis daun kayu yang dikeringkan 200 buah, Koleksi biji-bijian, Koleksi potongan log atau batangan pohon yang tumbuh di Hutan Kalimantan. Buaya Muara yang diawetkan (jantan dan betina)Koleksi Kepiting pemakan sari kelapa dan lain-lain.

  1. Waduk Panji

Seperti kawasan-kawasan lainnya di Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara dianugerahi alam yang asri dan memikat.

Bupati Tinjau Waduk Panji

Meski demikian, bagi mereka yang bukan termasuk petualang alam bebas, ada sejumlah wahana alternatif untuk menikmati panorama alam Kutai yang asri. Salah satu di antaranya adalah Waduk Panji Sukarame yang terletak sekitar 25 menit perjalanan ke arah barat dari pusat Kota Tenggarong.

Waduk Panji Sukarame merupakan telaga alam yang terletak di daerah Rondong Demang, Kecamatan Tenggarong. Letaknya tak jauh dari Stadion Rondong Demang, yang menjadi tempat seremonial pembukaan Festival Erau dari tahun ke tahun.

Telaga tersebut dibendung untuk keperluan persawahan bagi penduduk sekelilingnya. Pembendungan ini ternyata menciptakan sebuah danau buatan dengan panorama yang indah, dikelilingi kerimbunan hutan yang asri.

Bagi anda yang sedang stress dan membutuhkan tempat rileks serta asri, waduk panji ini bisa jadi  solusi bagi anda yang igin merilekskan anda.

  1. Planetarium

Planetarium Jagad Raya terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, di sebelah kiri bangunan Museum Mulawarman. Planetarium ini dibangun pada tahun 2002 dan diresmikan pada tanggal 16 April 2003. Tempat ini merupakan sarana wisata pendidikan untuk menikmati keindahan alam semesta berupa bintang-bintang, planet dan objek-objek langit lainnya.

Dinosaurus

Planetarium ini merupakan tempat Teater Bintang atau teater alam, karena dapat memperlihatkan isi alam semesta serta susunannya. Objek wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai meteorologi.

Taman Tata Surya1

Nah, bagaimana apakah anda sudah menemukan objek wisata saat belibur untuk weekend ini? Silahkan datang dan isi liburan anda dengan berkunjung ke Kutai Kartanegara.

  1. Ladaya

Obyek wisata Ladang Budaya (Ladaya)  ini sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan alam yang tinggi, berada di Jl H Bachrin Seman, Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Ladaya1

Ladaya sendiri memiliki luas sekitar 12 ha menyediakan berbagai fasilitas permainan edukasi yang sangat menarik untuk dicoba seperti Mini Zoo, Out Boud, Paint Ball, Cafe, lamin dan lainnya.

Selain fasilitas diatas, juga menyewakan lamin yang unik dan nyaman untuk beristirahat. Rumah kayu disewakan dengan tarif bervariasi mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu. Mereka jua menawarkan paket bermalam dengan tarif Rp 300 ribu berkapasitas 4 (empat) orang, sudah termasuk menu sarapan pagi dan malam.

Adapun tarif tiket yang dibandrol terbilang sangat terjangkau yakni kategori dewasa Rp 10. 000,- dan Anak-anak Rp 5.000,-. Obyek wisata di Tenggarong ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita. Dihari libur, Ladaya buka lebih pagi yakni pukul 08.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita.

 

sumber: https://www.wartakaltim.co/2016/09/06/6-tempat-wisata-di-kota-raja-tenggarong-yang-harus-anda-kunjungi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *