March 28, 2017 sulaiman 0Comment

Bagi pengantin baru, mengatur keuangan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Kurangnya pengalaman dan kebiasaan lama seringkali menjadi kendala. Oleh karena itu, simak beberapa tips menghemat pengeluaran dalam rumah tangga, seperti yang dikutip dari eHow.

1. Buat Catatan Pengeluaran Pribadi
Jadikan catatan ini seperti diary atau jurnal pribadi. Tulis hal-hal apa saja yang telah Anda beli selama bulan ini. Di akhir bulan, Anda bisa me-review catatan tersebut. Catatan itu juga bisa menjadi bahan introspeksi diri saat Anda membeli sesuatu over-budget.

2. Gunakan Metode Amplop
Jika takut uang yang Anda pegang akan terpakai untuk hal-hal yang kurang penting, coba gunakan amplop untuk menyimpannya. Tuliskan kegunaan uang di amplop misalnya bayar listrik, belanja kebutuhan bulanan, membayar sekolah anak-anak dan sebagainya. Pisahkan tiap-tiap amplopnya, sehingga pengeluaran yang utama tidak terbengkalai. Sisanya bisa Anda gunakan untuk berwisata atau menabung.

3. Pilah-pilih Pengeluaran
Pendapatan Anda dan pasangan tidak sesuai pengeluaran? Inilah saatnya memangkas pengeluaran dengan memilih skala prioritas. Misalnya jika biasanya Anda memiliki jadwal makan malam di restoran mewah pada dua minggu sekali, coba ubah menjadi satu bulan sekali.

4. Menabung
Jika saat single Anda biasa nge-gym di tempat yang mewah, facial dua minggu sekali di salon ternama dan sebagainya, sebaiknya kurangi kegiatan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan olahraga dengan cara jogging bersama keluarga atau membeli DVD aerobic dan melakukannya sendiri di rumah.
Tak ada salahnya juga untuk investasi alat-alat olahraga seperti treadmill. Pengeluaran ini akan jauh lebih kecil ketimbang membayar keanggotaan gym eksklusif.

 

sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/02/08/181122/1837730/854/4-tips-hemat-pengeluaran-untuk-pengantin-baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *