May 16, 2017 sulaiman 0Comment

Perempuan berhijab yang sering naik sepeda motor, terkadang mengeluhkan jilbabnya mudah jadi kusut dan acakadut tidak beraturan. Penyebabnya, bisa terkena hembusan angin maupun gerakan kita saat mengendarai sepeda motor ini. Nah, bagaimana caranya agar jilbab yang kita kenakan ini tetap selalu rapi meski kita sering naik sepeda motor?

  1. Gunakan legging atau celana apanjang

Dengan menggunakan jenis busana ini membuat kita bisa lebih mudah untuk mengendarai motor. Dengan begitu, akan lebih aman selama dalam perjalanan.

  1. Model hijab simpel

Pilih jenis jilbab yang mudah penataannya. Pilih gaya hijab yang simpel. Karena andaikan nanti Anda perlu mengaturnya  lagi bisa lebih gampang.

  1. Pakai inner

Gunakan daleman atau inner sebelum memakai hijab. Pilih inner dengan bahan kain yang adem dan mudah menyerap keringat.

  1. Bawa jilbab pengganti

Menaiki sepeda motor saat siang hari itu mudah membuat kulit kita berkeringat. Untuk itu sebaiknya Anda membawa jilbab pengganti agar nantinya bisa digunakan jika diperlukan.

  1. Selalu mengutamakan keselamatan

Pakai perlengkapan berkendara seperti helm dengan benar. Kemudian kendarai sepeda motor ini pelan-pelan. Ikuti rambu-rambu lalu lintas agar perjalanan bisa berlangsung dengan aman.

  1. Ujung jilbab bagian belakang diduduki

Untuk mencegah agar ujung jilbab tidak sampai tersangkut gir sepeda motor, Anda bisa mendudukinya. Sering ada kejadian ujung jilbab ini nyangkut pada gir sepeda dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Potensi semacam ini bisa kita cegah.

Lebih baik lagi jika misalkan Anda memakai jaket. Dengan begitu, jaket tersebut akan mencegah jilbab yang kita kenakan berkibar-kibar terkena angin.

  1. Hindari memakai bros

Memang memakai bros bisa mempercantik penampilan, tapi aksesori tersebut bisa menyulitkan kita saat mengenakan helm. Karena itu, sebaiknya Anda menghindarinya.

  1. Pilih jilbab dengan warna cerah

Hindari menggunakan jilbab warna gelap seperti hitam karena itu akan membuat lebih terasa panas saat terkena sinar matahari. Lebih baik pilih jilbab dengan warna cerah, seperti misalnya warna putih atau warna-wanra muda. Di toko jual hijab online Anda mudah untuk menemukan jilbab warna tersebut.

  1. Pastikan pakaian yang dikenakan memudahkan untuk bergerak

Selain menggunakan hijab yang simpel, gunakan jaket dan sarung tangan. Pakai juga helm. Dan untuk pemakaian tas sebaiknya memilih tas gendong (backpack). Sebab ini bisa ikut membantu untuk menutupi jilbab di bagian belakang agar tidak mudah berkibar terkena angin.

Itulah beberapa tips bagi wanita berhijab yang sering mengenakan sepeda motor. Penting diingat untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara. Jadi Anda harus selalu fokus dan berkonsetrasi saat mengendarai sepeda motor. Saat Anda membonceng pun, tetap selalu perhatikan prinsip di atas. Utamakan safety riding sebab keselamatan kita yang paling utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *